Pelayanan Konseling Kristen Profesional
Dari Sekolah Tinggi Teologi Reformed Indonesia
Reformed Broadcasting Ministry
Reformed Broadcasting Ministry
Konseling Online
Pelayanan konseling gratis online tersedia bagi Anda!
Buku Konseling Pastoral
Telah terbit buku Konseling Pastoral

Jumlah Pengunjung

3690147
Today
Yesterday
This Month
383
1111
23837


Oleh: Pdt. Paul Gunadi Ph.D.

Bagaimana pendapat bapak tentang trend abad ini dimana banyak istri atau kaum ibu  yang bekerja diluar rumah? Apa dampaknya pada keluarga?

Jawab:
Ada dua pandangan yang saling bertentangan tentang istri  atau ibu karier ini. Pertama, ibu yang berkarier adalah ibu yang terlalu lelah untuk mengembang tanggung jawabnya di rumah secara penuh. Pandangan kedua mengatakan bahwa ibu yang berkarier adalah ibu yang segar sehingga lebih bertenaga memikul tanggung jawabnya di rumah. The APA Monitor, November 1995 membahas masalah ini dalam artikel utamanya yang sebenarnya merupakan laporan  hasil pertemuan  yang diadakan  di Washington, D.C., 14-16 September 1996. Ulf Lunberg, seorang dosen psikologi Universitas Stockholm mempresentasikan hasil penelitiannya di dalam pertemuan tersebut. Dr. Lunberg menemukan bahwa di kalangan suami istri  yang belum mempunyai anak, masing-masing bekerja sekitar 60 jam per minggu. Namun begitu mereka memiliki anak, beban kerja wanita langsung bertambah. Rata-rata di dalam keluarga dengan 3 anak, seorang wanita harus mencurahkan sekitar 90 jam per minggu. Akibatnya , begitu wanita tiba di rumah, ia langsung harus terjun ke dalam kegiatan rumah tangga serta mengurus anak-anaknya. Tidak dapat tidak, stress atau tekanan yang harus ditanggungnya menjadi lebih besar dibanding dengan yang dipikul pria.

Maafkan saya apabila komentar saya ini terdengar kolot dan tidak sensitive. Menurut hemat saya, pada waktu anak-anak masih dibawah usia 12 th, sebaiknya wanita memberikan mayoritas dari waktunya untuk mengurus rumah tangga. Tugas membesarkan anak kecil bukanlah perkara mudah dan menyita banyak waktu. Jadi, sangatlah sukar untuk memelihara keseimbangan antara karier dan tugas sebagai seorang ibu. Biasanya kita harus mengorbankan salah satunya dan tidak bisa memenangkan keduanya. Namun demikian saya pun menyadari betapa berkhasiatnya bekerja di luar rumah setelah terkurung  didalam rumah selama berhari –hari.

Apalagi bagi kaum wanita yang sudah menempuh perjalanan pendidikan yang tinggi, tidaklah mudah bagi mereka untuk membiasakan diri diam di rumah. Mengurus anak di rumah mempunyai stress-nya tersendiri dan dapat menimbulkan kejenuhan, sedangkan bekerja di luar  berpotensi memberikan tantangan yang menggairahkan.

Saya tidak mengharuskan wanita  untuk diam di rumah sebab saya yakin pasti ada pertimbangan-pertimbangan khusus yang saya tidak ketahui. Saya hanya  melihat masalah ini dari sudut kepentingan anak. Saya kira pengorbanan diri memang dibutuhkan disini.

Daftar Konselor

Pdt. Yakub B. Susabda, Ph.D.
Esther Susabda, Ph.D.
Dr. Ir. Asriningrum Utami
Lanny Pranata, M.Th.
Siska Tampenawas, M.Th.
Lucia Indrakusuma, M.A.
Esther Gunawan, M.Th.
Vivi Handoyo, M.Th.
Debby M. Soeseno, M.Th.
Suherni Santoso, M.A.
Yohanna P. Siahaan, M.Th.
Yonathan A. Goei, Ph.D.
Sandra Mayawati, M.Th.
Suzanna Sibuea, M.Th.
Dan lain-lain.

Konseling Online

Jadwal Konseling Online
Senin-Jumat
(Kecuali Hari Libur)
10.30-12.00 WIB dan 20.00-22.00 WIB

Tentang Kami

Kontak Info

STT Reformed Indonesia (STTRI, dulu STTRII)
Jl. Kemang Utara IX/10, Warung Buncit
Jakarta Selatan, 12760
(Peta lokasi bisa dilihat/diunduh di sini.)

Telp            : (021) 7982819, 7990357
Fax            : (021) 7987437
Email          : reformed@idola.net.id
Website      : www.reformedindonesia.ac.id
    www.konselingkristen.org
Bank          : CIMB Niaga (Cabang Kemang)
No. Acc.     : 800073329000 (Rp.)
                      253.02.00081.001 (USD)
A/n              : Yayasan Lembaga Reformed Indonesia